Tips Membeli Batu Permata

Rabu, 08 Januari 20140 komentar

Membeli batu permata dan perhiasan batu permata bukanlah persoalan yang mudah. Bagi orang yang awam menaksir nilai batu permata sering kali kelewat mahal dari harga yang sebenarnya. Untuk itu dibutuhkan kecermatan dan pengetahun mendasar tentang batu permata agar kita tidak tertipu.

Seperti yang pernah ditulis dalam blog ini, pada dasarnya kualitas batu permata tergantung pada karakteristik yang berbeda. Empat dari mereka dapat dengan mudah diingat sebagai 4 C: Warna, Kejelasan, Cut dan Carat.

Warna (Color)
Hal ini mengacu pada warna batu permata. Secara umum, semakin bersemangat, kuat dan indah warnanya, semakin berharga batu tersebut. Kekuatan dalam warna sering disebut "Intensitas" Contoh intensitas warna:
Aspek lain dari warna batu yang dapat mempengaruhi nilainya jarang sekali tertangkap. Misalnya, topaz emas-merah muda (Imperial Topaz) lebih berharga daripada topaz biru, semua karakteristik lain sama. Hal ini karena lebih sulit untuk menemukan topaz warna ini.

Kejelasan (Clarity)
Kejelasan mengacu pada jumlah "inklusi" atau kotoran yang ada di batu. Inklusi biasanya mineral lain yang telah terperangkap di dalam kristal seperti yang membentuk. Kejelasan juga dipengaruhi oleh keretakan internal.

Ada beberapa pengecualian namun. tertentu seperti batu permata zamrud yang hampir tidak pernah benar-benar jelas, sehingga kejelasan memainkan peran kecil dalam nilainya. Bahkan ada kasus di mana inklusi tertentu dapat membuat batu yang lebih bernilai.

Potongan (Cut)
Potongan batu juga sangat penting. Hal ini lebih umum untuk melihat potongan buruk daripada melihat pemotongan yang baik, terutama di batu yang sangat berharga. Pemotongan baik adalah salah satu yang simetris dan proporsional indah, dipoles dengan sempurna dan membuat hasil maksimal dari batu keindahan alam.

Ragam (Faceted)
Ini adalah metode yang paling umum dalam perhiasan. Faceting memungkinkan menampilkan refleksi cahaya. Sederhananya, kita dapat melihat pemotongan yang baik (batu faceted) jika batu tersebut dapat menampilkan kemilau cahaya yang bagus. Hal ini karena pemotongan batu pada sudut reflektif terbaik sering berarti mengurangi ukuran dan berat dari batu.

Cabochon
Lain gaya potong yang ditemukan di perhiasan batu permata adalah cabochons. Cabochon pemotongan secara luas digunakan untuk batu permata yang 1) kejelasan lebih rendah dan karenanya tidak akan mencerminkan banyak cahaya. Dan / atau 2) adalah warna yang luar biasa dan / atau 3) yang buram di alam (seperti opal atau onyx) dan atau 4) memiliki sifat optik khusus atau inklusi yang terbaik ditampilkan di cabochons (misalnya mata kucing atau bintang ruby) 5 ) terlalu lembut untuk dipotong dalam beragam bidang (moonstone, opal)

Karat (Carat)
Dalam perdagangan grosir permata, permata sering dihargai per karat. Semakin besar karatnya, maka akan semakin mahal pula permata tersebut. Namun, tidak berhenti di situ. Faktor tambahan nilai adalah kelangkaan batu permata. Ini berarti bahwa batu yang lebih besar, semakin tinggi harga per karat. Sebagai contoh, ruby 1 karat dengan warna yang bagus dan mungkin memotong biaya $ 700. Tapi ruby 5 potong serupa karat dan warna tidak akan dikenakan biaya $ 3.500 (5 x $ 700); mungkin biaya $ 10.000. Hal ini karena sangat langka untuk menemukan sebuah batu delima sebesar 5 karat. Efeknya bahwa ukuran memiliki harga dan nilai ditentukan oleh betapa langkanya batu besar. Misalnya, potongan yang sangat besar dan topaz amethyst relatif mudah untuk menemukan bahwa harga batu besar tidak secara eksponensial lebih tinggi.

Nah yang ini C adalah yang paling penting? Jika Anda memilih batu yang paling intens berwarna atau batu terbesar? Tergantung pada jenis batu. Setiap C memiliki berbagai tingkat pentingnya tergantung pada batu itu, tetapi semua mereka berperan untuk tingkat tertentu.

Keanehan / Keunikan
Faktor lain nilai sebuah batu permata adalah keunikannya. Ini berarti warna-warna biasa atau pola dalam batu atau inklusi langka dan menarik atau pengotor. Hal ini sering dihargai lebih ketimbang yang biasa.

Mitos
Memotong mempengaruhi nilai tidak dalam gaya potong, tetapi kualitas potong, kecuali sangat rumit pemotongan mewah.

Simbologi
Saat berbelanja batu permata atau perhiasan batu permata, kita bisa mempertimbangkan arti batu yang berbeda. Batu mulia selalu memiliki makna mendalam khusus bagi hampir setiap kebudayaan manusia di setiap era. Jika kita membeli batu permata atau perhiasan bagi seseorang sebagai hadiah, kita dapat membuatnya istimewa dengan memilih salah satu makna yang lebih dalam mengingatkan kita dari mereka.

Asli atau palsu?
Kekhawatiran yang sangat umum saat berbelanja untuk batu permata (terutama dari vendor berisiko seperti penjualan garasi) adalah apakah perhiasan batu permata adalah "nyata."

Ternyata tidak begitu sederhana untuk mengatakan batu adalah "nyata" atau palsu ": ada kontinum tentang sejauh mana manusia mempengaruhi batu permata. Beberapa dari mereka dapat melihat jika kita tahu apa yang harus dicari, orang lain perlu gemologists terlatih dan peralatan khusus. Berikut ini adalah rangkuman poin-poin yang berbeda pada kontinum antara

Batu permata "palsu" dan "asli":
Imitasi: Ini adalah apa yang bisa paling cukup disebut "palsu". Bila ada sesuatu yang dibuat agar terlihat seperti batu permata yang sesungguhnya adalah substansi yang sama sekali berbeda - yang imitasi.

"Sintetik /" Dibuat ": batu permata sintetik" nyata "batu permata dalam komposisi mineral persis sama seperti yang di alam. Satu-satunya perbedaan adalah bahwa mereka dibuat oleh manusia dalam waktu singkat versus oleh alam selama ratusan ribu tahun. Batu buatan selalu kurang berharga dari batu alam karena mereka kurang langka. Secara umum, batu diciptakan hanya tersedia untuk batu permata yang lebih mahal seperti berlian, rubi, safir dan jamrud. Salah satu contoh dari sebuah batu permata yang diterima secara luas dibuat adalah budidaya mutiara.

Di- treatment / ditingkatkan : Banyak batu permata akan menjalani semacam perawatan antara waktu mereka ditambang dan waktu mereka dijual di pasar. Perlakuan ini dilakukan dalam rangka untuk meningkatkan penampilan batu (warna atau kejelasan). Perawatan meliputi pemaparan terhadap suhu sangat tinggi, iradiasi, panas atau radiasi dikombinasikan dengan bahan kimia lain (misalnya titanium), meminyaki, dan waxing. Diobati batu permata tidak dianggap kurang berharga selama pengobatan dianggap "permanen" oleh organisasi gemological relevan. Itu berarti bahwa pengobatan yang tidak akan "hilang" dengan waktu. Dalam beberapa jenis batu permata, perawatan sangat umum bahwa hampir mustahil untuk menemukan satu yang tidak diobati. Rubi adalah sebuah contoh dari ini. batu permata lainnya tidak bisa ada tanpa perawatan, misalnya Mystic topaz. Baca lebih lanjut tentang perawatan pada halaman batu permata individu.
Alam: Kata Alami biasanya digunakan untuk berarti bahwa batu permata itu datang bukan buatan manusia. Ini tidak selalu berarti tidak diobati. Kata ini, bagaimanapun, tidak memiliki makna standar dan sering disalahgunakan. Jadi jika kita melihat kata "alami" dalam deskripsi sebuah batu permata kita tertarik untuk membeli, terus membaca atau mengajukan pertanyaan.

Asli: Kata ini biasanya berarti bahwa bukan "palsu". Tidak memiliki implikasi yang dari bumi "alami" atau "diobati". Sebagai contoh, biasanya untuk melihat deskripsi perhiasan yang berisi kata "Genuine menciptakan ruby" Ini hanya berarti bahwa suatu ruby mineralogically..
Diobati (diperbaiki) / poles : Bila kita melihat kata ini dalam deskripsi perhiasan, kita dapat mengetahui bahwa kita melihat sesuatu yang langka (tergantung pada batu).

Di mana kita membelinya
Toko atau merek perhiasan yang memiliki efek pada nilai. Sebuah Cartier atau cincin Tiffany akan menjadi lebih mahal daripada Zales atau cincin Benolds, bahkan jika mereka mengandung kualitas "sama". Hal ini tentu saja karena dari merek dan desain. Namun, nilai batu permata perhiasan desainer lebih mungkin untuk mempertahankan nilai yang tinggi selama berabad-abad dari berbagai merek menengah. Oleh karena itu, meskipun tampaknya counter intuitif, mungkin memberikan nilai yang lebih tinggi untuk uang dalam jangka panjang untuk membeli karya desainer lebih mahal.

Aspek terakhir dari sebuah batu permata yang nilainya menentukan seberapa banyak kita menyukainya. Batu permata adalah untuk kesenangan. Jika kita pikir sebuah batu indah dan itu membuat kita bahagia atau mengingatkan kita tentang orang yang kita cintai atau sesuatu yang istimewa dalam hidup kita, tentunya akan membuat batu tersebut sangat berharga. Demikian pula sebaliknya.

Sumber : http://ragampermata.blogspot.com/p/tips-dalam-membeli-batu-permata.html
Share this article :
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Indo Permata Mulia - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger