American Star Ruby

Minggu, 26 Januari 20140 komentar

Banyak macam bacan (batu cantik) yang natural/alami, dengan harga selangit. Kadang hanya bisa dinikamti oleh mereka yang berkantong tebal, atau mereka yang benar "gemstone maindit" yang berani dan bersedia merogoh kantong dalam dalam untuk membeli sebuah batu canti, batu mulai atau batu permata.

Apakah semua konsumen seperti itu? Tentu saja tidak, yang jelas hampir semua konsumen menginginkan harga murah tapi mendapatkan barang (batu) yang bagus dan natural/alami. Tentu berbeda dengan penjual yang menginkan harga mahal untuk sebuah batu natural dengan kwaliatas bagus.

Untuk hal ini, bisa saja terjadi kesalahan baik penjual maupun pembeli dalam menawarkan atau membeli barang. 

Untuk itu kehati-hatian dalam proses jual beli menjadi penting. Kalau memang natural tentu saat kita membeli atau menjual sesuai dengan kondisi barang baik itu natural, sintetik bahkan imitasi. Sejauh mungkin analisanya mendekati kondisi barang/

Apa itu American Star?

Batu ini kelihatan indah karena terlihat asterism atau ster nya yang menyilang enam, bahkan ada yang lebih.  

Ada yang menyebutkan bahwa ciri-ciri batu ini tidak transparan atau tidak tembus pandang, sternya akan tampak walaupun tidak ada cahaya yang mengarah ke permukaan batu.

Ada juga yang menyebut American Star, meskipun starnya baru muncul saat ada cahaya atau sinar matahari mengarah pada permukaan, dan tentu saja tidak transpran.

Batu permata jenis ini adalah sintetis, bahannya memang sama dengan Ruby atau safir.

Jadi Jika Anda menguji dengan alat elektronik akan terdeteksi sebagai Ruby bila berwarna merah, atau terdeteksi safir bila berwarna biru. 

Harga batu ini lebih murah dari batu safir atau ruby yang Natural. 

Maka hati-hati jika membeli batu permata karena banyak yang sintetis atau buatan laboratorium

Sekarang banyak jasa pengujian batu, Anda bisa memanfaatkan jasa mereka, saya sarankan jika Anda mau membeli batu permata dengan harga yang relatif mahal usahakan cek dulu ke Naturallannya atau keasliannya. 

Kecuali, penjualnya sudah menyebutkan sebagai batu sintetik, tentu harganya ya harga batu sintetik, siapa tahu batu natural/alami :)

Perlu diingat bahwa sudah menjadi kesepakatan umum nampaknya, kalau sudah menyebut  American Star, American Star Ruby, American Star Sapphier itu sebetulnya penjualnya sudah mengatakan bahwa batu yang ditawarkan itu adalah batu sintetik.

Kalau batu natural, biasanya akan ditawarkan dengan menyebut Blue Sapphier, Sapphier, Sapphier Birma, Sapphier Australia atau Ruby, Ruby Birma. Dan bahkan menenambahkan kata Natural. 

Untuk Batu Permata dengan harga mahal akan lebih aman jika penjual bisa menunjukkan sertifikat dari laboratorium terakreditasi. Ini saja kalau niatnya menipu masih mungkin dengan menunjukkan sertifikat dari barang lain dan menjual barang yang lain yang mirip dengan yang dideskripsikan di sertifikat.

Dan ingat, meskipun ada sertifikatnya, anda juga harus bisa membaca sertifikat. 

Jangan jangan meskipun barang yang dijual sama dengan yang ada disertifikat, tapi kandungan mineral yang ada tidak sesuai dengan barang yang anda cari....



Referensi : http://sinarpermata.wordpress.com/2012/10/03/american-star-batu-permata-sintetis/


Share this article :
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Indo Permata Mulia - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger