Batu Pirus Terbaik

Rabu, 08 Januari 20141komentar

Batu pirus merupakan salah satu batu yang paling lama dikenal oleh manusia.

Batu pirus mempunyai nilai kekerasan antara 5 - 6 Mohs, dan menempati urutan ke delapan diantara batu mulia lainnya. Batu pirus sedikit lebih kuat dari kaca jendela maka batu ini harus dijaga dengan hati-hati. 

Batu pirus ini ditemukan oleh bangsa Mesir dan pertambangan di daerah Sinai sekitar lebih dari 6000 tahun silam dan banyak ditemukan dalam makam-makam kuno yang telah berumur kurang lebih dari 4000 tahun sebelum Masehi.

Batu pirus yang paling berkualitas terdapat di negara Iran. Batu Pirus atau turquoise, dalam bahasa Prancis artinya ‘ batu Turki’ karena namanya dikira berasal dari negara Turki, namun sebenarnya batu ini tidak berada di negara Turki. Turquoise merupakan batu nasional negara Iran ( Persia ) juga ditemukan di negara cina dan digunakan untuk menghiasi mahkota kerajaan dan atribut bagi para petinggi negara.

Kualitas Batu Pirus terbaik ditemukan di Nishapur, bagian Timur Laut Iran dan penambangannya telah berlangsung sekitar 3000 tahun silam. 

Namun kini Batu Pirus juga banyak ditemukan di bagian barat daya Amerika Serikat seperti di negara Arizona dan New Mexico, dimana suku-suku Indian membuatnya menjadi perhiasan-perhiasan yang indah. 

Suku Aztec mengunakan batu pirus sebagai potongan kecil mozaic untuk menghias topeng yang digunakan pada upacara keagamaan dan hiasan lainya. 

Menurut para ahli dan para penggemar batu pirus, menyebutkan bahwa batu pirus merupakan batu yang sangat sensitive terhadap bau-bauan. 

Batu pirus dapat menyerap bau / aroma, minyak atau kotoran dalam jangka waktu yang lama, sifat batu pirus agak lunak dan berpori-pori, sehingga pemakaian dan perawatannya harus lebih diperhatikan karena dapat menyerap bau minyak atau bahan kosmetik seperti parfum jadi hindarkan atau jangan meletakkan batu pirus ini berdekatan dengan barang-barang yang mempunyai zat-zat yang bisa mempengaruhi batu pirus tersebut. 

Dalam ruangan yang lembab atau kurang udara dapat menyebabkan warna batu pirus berubah dan akhirnya jatuh nilai harganya.

Sumber : http://spiritualkalimantan.indonetwork.co.id/
Share this article :
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Indo Permata Mulia - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger