Cara Mudah Membedakan Batu Giok dan Zamrud

Senin, 10 Februari 20149komentar

Beberapa hari yang lalu saya membeli Bahan Batu Permata Zamrud, dengan spesifikasi

Nama  :  Natural Rough Green Emerald Brazil
Ukuran :11, 69 carat / 15, 21 x 12, 34 x 9, 48 mm
Bentuk : Rough unpolished
Clarity : Translucent s/ d opaque
Color  : Light green
Treatment : None ( NTE )
Asal : Brazil
Keterangan : Gambar langsung uploud dari exportir 
ADEGAN BERBAHAYA ! ! ! ! ! ! ! ! !
Tidak dianjurkan bagi yang tidak suka tantangan / spekulasi / gamblling.
Catatan : untuk tulisan ini saya edit gambar pada tulisanya
Proses pembelian berjalan lancar, tepat waktu bahkan dapat bonus bahan quarzt. Kemasannya sangat bagus, profesional, dan bahkan sampul bungkus dari ekspotir pun diikut sertakan.
Untuk meningkatkan SEO blog Indo Permata Gallery, meskipun sangat ingin mengasah sendiri, tetap saya upload di Indo Permata Gallery
Sempat ada yang mau membeli, tapi tidak jadi karena ada halangan. Akhirnya ya sudah, sesuai rencana awal.... saya gosok sendiri dan jadilah sebuah

Jadilah seperti gambar disamping kanan, meskipun belum maksimal, rasa ingin tahu bagaimana seratnya, saya bawa ke tempat dimana seorang teman memiliki kaca pembesar yang saya kira cukup akurat, saya sudah mencoba melihat batu ruby milik seorang teman dengan alat tersebut, sangat indah memang susunan batu jika dilihat dengan kaca pembesar yang ini, saat ini saya sedang pesan, bahkan jika mugkin bisa juga dipasarkan lewat Indo Permata Gallery, jika harganya kompetitif.
Setelah cukup saya melihat, sudah ada referensi dalam memori saya, namun karena belum banyak melihat batu (dari kaca pembesar) tentu belum banyak pembanding. Cukuplah untuk sementara masuk memory.

Selesai saya lihat seorang teman melihat batu yang semalaman saya asah, dengan mata telanjang dan bantu kacamata.
Ketika saya tawarkan kaca pembesar, "nggak usah" komentar teman ini...
Ketika pamitan, teman ini menggoda saya "jadi kesini ini untuk melihat giok thok tho".

Sayapun tersenyum, karena sangat maklum dengan perbedaan referensi dan perbedaan pendapat. "Bisa jadi yang disampaikan kawan saya ini benar" 

Beberapa saat kemudian saya membuat status :
Kepastian sebuah batu permata memang paling afdol dg uji lab. Meskipun begitu harus tahu membaca hasil lab. Sekurang kurangnya dg kaca pembesar dan alat uji kekerasan batu, itupun harus tahu karateristik masing masing jenis batu dan kadar tingkat kekerasannya. Bisa pula hanya dg sekedar melihat, tentu tentu harus banyak referennsi barang yg dilihat. Masing2 metode punya kelemahan dan kelebihan masing2. Perihal membeli batu bongkahan (rough) atau bahan batu permata memiliki resiko tinggi, taruhlah importirnya menjual apa adanya, bisa saja eksportirnya nakal. Mempelajari batu permata sangat bagus melatih memandang segala sesuatu dari berbagai aspek. Beda pendapat, biasa... Jika disikapi dengan baik justru ada rahmad disana. Http://indopermatamulia.blogspot.com/
Teman sayapun menyukai status saya ini...

Sampai disini, tidak..... 

Sore harinya saya ketemu dengan sebuah situs yang menginformasikan Cara Mudah Membedakan Jade (Giok) dan zamrud (Emerald)

Intinya artike tersebut menyebutkan bahwa : 
Banyak batu permata yang mempunyai warna yang sama, ini biasanya yang bikin kita salah menduga atau menyebut nama batu tersebut.
Zamrud berwarna hijau namun tidak semua batu permata yang hijau itu bernama zamrud. Ada batu Giok (jade),  Peridot, Tourmalin dan masih banyak lagi yang berwarna hijau. 
Nah untuk membedakan apa benar batu tersebut zamrud asli adalah dengan melihat rekasi batu tersebut bila dilihat dengan Jadeite Filter atau Chelsea Filter.
Dan ketika saya browsing lebih dalam lagi ketemu penawaran dengan promo yang asyik jika di baca :
Hari gini masih berdebat dengan teman masalah batu ! ! ! ! ! Bukan jamannya lageeeeeeeee........   
Dalam penawaran tersebut : 

Nama : Chelsea Filer ( Emerald Filter / jadeite filter )
Ukuran : 57, 00 x 29, 00 x 11, 00mm
Color : Silver
Kegunaan : Untuk mendeteksi berbagai batu dengan hanya melihat perubahan wana. Sangat akurat untuk membedakan emerald dan jadeite. sangat mudah cara penggunaannya.

Type of Stone > Colour Shown through?

Jadeite > > > Green
Emeral ( unheated) > > > Pink
Emerald ( DYE) > > > Green
 

Sampai saat tulisan ini saya buat saya belum memiliki alat tersebut.... harganya lumayan :)

Semoga bermanfaat....

Share this article :
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Indo Permata Mulia - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger