Batu Kyanite

Kamis, 06 Februari 20140 komentar

Dipasaran Batu Kyanite dikenal dengan Blue Sapphire Australia. Ada ada saja,  kalau kita cermati bagaimana pedagang batu permata memasarkan produknya, yang tidak tahu ikut ikutan juga, jadilah "salah kapar", meskipun salah tapi telah dimaklumi.

Dengan memasarkan barang dengan sebutan Blue Sapphire Australia, sebetulnya telah mengatakan "ini bukan blue sapphire" melainkan batu yang mirip blue sapphire.

Bisa dimaklumi, karena pada umumnya orang awan hanya mengenal beberapa batu permata yang populer dan menempati posisi tertinggi dalam hal pemasaran, yaitu Intan/Berlian, Ruby (sapphire merah), Blue Sapphire, dan yang sudah dikenal lama yaitu jamrud atau zamrud.

Karena ada yang memasarkan produknya dengan sebutan  Natural Kyanite - Blue Sapphire Australia, mengundang rasa ingin tahu saya, "apa sih Batu Kyanite?"

Tidak banyak referensi mengenai Kyanite, akhirnya harus mencari dalam wikipedia dalam bahasa inggris, berikut ini saya informasikan unruk anda, dengan beberapa editing informasi untuk blog ini.

http://indopermatagallery.blogspot.com/2014/02/natural-blue-sapphire-australia-kode.htmlKyanite , yang namanya berasal dari kata Yunani kuanos kadang-kadang disebut sebagai " kyanos " , yang berarti biru , adalah silikat mineral biasanya biru , umumnya ditemukan di pegmatites metamorf yang kaya aluminium dan / atau batuan sedimen . 

Kyanite juga dikenal sebagai disthene , rhaeticite dan cyanite . Kyanite adalah anggota dari seri aluminosilikat , yang juga termasuk andalusite polimorf dan sillimanite polimorf . 

Kyanite adalah sangat anisotropik , dalam kekerasannya bervariasi tergantung pada arah kristalografi nya . Dalam kyanite , anisotropism ini dapat dianggap sebagai karakteristik mengidentifikasi . 

Kyanite digunakan terutama dalam produk refraktori dan keramik, porselen termasuk pipa perlengkapan dan piring. Hal ini juga digunakan dalam elektronik, isolator listrik dan abrasive.

Kyanite telah digunakan sebagai batu permata semimulia, yang dapat menampilkan kucing chatoyancy mata, meskipun penggunaan ini dibatasi oleh anisotropism dan belahan dada yang sempurna.

Varietas warna termasuk baru-baru ini ditemukan kyanite jeruk dari Tanzania. Warna oranye adalah karena masuknya sejumlah kecil mangan (Mn3 +) dalam struktur.


Kekerasan Batu Kyanite antara 5 - 7 skala mohs, tentu ini sangat jauh berbeda dengan Sapphire/Blue Sapphire yang mempunyai 9 skala Mohs


Semoga bermanfaat

Referensi : http://en.wikipedia.org/wiki/Kyanite#Uses
Share this article :
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Indo Permata Mulia - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger