Batu Permata Zamrud (Emerald)

Senin, 03 Februari 20140 komentar

Zamrud (Be3Al2SiO6) adalah batu permata atau batu mulia yang berwarna hijau sampai hijau tua. Zamrud termasuk mineral silikat beril (mengandung beryllium) dan warna hijaunya disebabkan oleh kelumit kromium. Adanya vanadium dan besi yang menyertai kelumit kromium akan menyebabkan ragam zona pada warna hijau tersebut.

Kekerasan zamrud termasuk tinggi (7,5 dalam skala Mohr).

Variasi warna : hijau segar, hijau – kekuningan, hijau – kebirua.
Kadar transparasi : transparan, translusan.
Kilap polis : kilap – kaca.
Index bias : 2,67 – 2,78.
Formula kimia : Be 3 Al 2 SiO 6.
Sistem kristal : Heksagonal. 


Penghasil zamrud kualitas tinggi adalah Kolombia, Siberia, Afrika Selatan, Zimbabwe, Australia, dan Brasil.

Negara Penghasil Tambang Batu Zamrud

Zamrud di zaman kuno yang ditambang oleh orang Mesir dan di Pakistan dan Austria.
Sebuah jenis yang jarang ditemukan dari sebuah batu zamrud yang dikenal sebagai zamrud trapiche kadang-kadang ditemukan di tambang Kolombia.

Sebuah pameran zamrud trapiche "bintang" pola, tetapi memiliki jari-jari raylike kotoran karbon gelap yang memberikan zamrud pola radial enam-menunjuk Zamrud berasal dari tiga daerah pertambangan utama zamrud di Kolombia: Muzo, Coscuez, dan Chivor.

Zamrud juga ditemukan di negara-negara lain, seperti Afghanistan, Australia, Austria, Brazil, Bulgaria, Kamboja, Kanada, Cina, Mesir, Ethiopia, Perancis, Jerman, India, Italia, Kazakhstan, Madagaskar, Mozambik, Namibia,. Nigeria, Norwegia, Pakistan, Rusia, Somalia, Afrika Selatan, Spanyol, Swiss, Tanzania, Amerika Serikat, Zambia dan Zimbabwe Di AS,. zamrud telah ditemukan di Connecticut, Montana, Nevada, North Carolina dan South Carolina. Pada tahun 1998 zamrud ditemukan di Yukon.

Ciri Batu Zamrud
Disamping kristalnya, Batu Zamrud memiliki ciri khas tertentu terutama di Warna dan Serat.

Warna batu Zamrud khas Green Emerald, jika terlalu terang dan lebih dominan warna biru bisa saja batu tersebut adalah Tourmaline, dan jika warna hijaunya terlalu menyala dan berwarna hijau kekuningan bisa saja itu adalah batu Olivine / Peridot.

Peridot adalah salah satu dari sebagian kecil batu permata yang memiliki satu warna: hijau olive. Batu ini berasal dari mineral “olivine”, salah satu batu yang paling lama diketahui oleh manusia, dan merupakan satu-satunya batu yang ditemukan di meteorit. Intensitas warna hijaunya sering kali tergantung dari seberapa banyak kandungan besi di dalam struktur kristalnya, sehingga warna batu peridot secara individual bisa berbeda-beda dari kuning-hijau, hijau olive, hingga hijau kecoklatan. Yang paling banyak dicari adalah peridot yang berwarna hijau olive gelap. 

Jenis dan harga batu Zamrud (Emerald)
Batu Zamrud (emerald) merupakan batu permata yang berharga, penting, sakral dan sangat mahal selama ribuan tahun. Ini adalah salah satu batu permata paling berharga di dunia. Mendefinisikan karakteristik dari zamrud yang membuatnya begitu diinginkan adalah warna: hijau, zamrud inspirasi.

Batu mulia yang paling berharga adalah batu zamrud

Zamrud yang paling berharga adalah sebuah, mencolok sempurna "zamrud" hijau, dalam ukuran besar (lebih dari 5 CTS),. Cukup jelas dan sempurna memotong (segi). 

Yang Harus Anda Ketahui Sebelum Membeli Emerald
  • Warna (color): Yang paling penting untuk menentukan kualitas Batu zamrud adalah warnanya. Warna terbaik untuk zamrud adalah intens hijau terang yang tidak terlalu gelap dan tidak terlalu pucat.
  • Ukuran (size): Semakin besar zamrud, semakin berharga. zamrud Sangat kecil dapat dibeli cukup terjangkau, karena ada material kurang, dan juga karena zamrud kecil kurang langka dari zamrud besar.
  • Potong (cut): Harga dan nilai sebuah zamrud juga ditentukan oleh kualitas potong tersebut. Akan baik dipotong zamrud dan mencerminkan jumlah maksimum cahaya.
  • Kejelasan (clarity): Hampir semua emerald / zamrud alam memiliki jumlah keadaan mendung atau kelemahan internal, yang disebut inklusi. Hal ini dapat diterima untuk zamrud memiliki kurang sempurna kejelasan dan nilai zamrud itu tidak lebih rendah. Namun, ada perbedaan yang signifikan dalam zamrud yang memiliki banyak disertakan, atau sangat berawan sehingga mereka kehilangan transparansi mereka.
  • Perawatan, Sintetis dan imitasi (Treatments, Synthetics and Imitations): Hampir semua zamrud melalui beberapa jenis perawatan sebelum mereka dibuat menjadi perhiasan. Beberapa pengolahaan ini diterima dan ada yang dianggap curang. Juga karena nilai yang tinggi, zamrud biasanya disintesis di laboratorium. Dan kadang-kadang, seorang penjual tidak jujur, mungkin mencoba untuk menjual batu permata lain sebagai zamrud. B
  • Makna dan simbologi (Meaning and Symbology): Emeralds memiliki banyak sifat penyembuhan dan telah penting untuk banyak budaya selama ribuan tahun.
Akhirnya, semoga informasi ini bermanfaat..


Sumber : 
  • http://id.wikipedia.org/wiki/Zamrud 
  • http://batumuliaonline.blogspot.com/2009/11/blog-post_2587.html 
  • http://www.jenishargabatuzamrud.blogspot.com/
  • http://informasibatupermata.blogspot.com/2010/12/batu-permata-zamrud-emerald.html


Share this article :
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Indo Permata Mulia - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger